PERKEMBANGAN E-COMMERCE
DALAM BIDANG AGRIBISNIS
A.
Perkembangan E-commerce di
Indonesia
Di Indonesia,
sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang
masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa
itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah
menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi
Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce
untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan
non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara
online. Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya
sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online.
Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan
pengenalan produk. Menurut Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology
Competency Group Head Andersen Consulting, secara umum ada tiga tahapan menuju
e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi. Saat
ini, kebanyakan homepage yang dimiliki perusahaan Indonesia hanya mencapai
tahap presence, belum pada tahap transaksi. Pada akhirnya, perkembangan
teknologi dan peningkatan pengguna internet di Indonesia akan membuat
e-commerce menjadi suatu bisnis yang menjanjikan
Dari gamabar di
atas adalah estimasi penjualan e-commerce B2C (bisnis perusahaan dan perusahaan
lain) di negara Asia. Terlihat bahwa penggnaan e-commerce di indonesia dalam
penjualan msih rendah dari Negara-negara lain, tetapi meskipun begitu
perkembangan indonesia cukup pesat. Hal ini memungkinan untuk Indonesia tanah
tercinta mampu menyaingi Negara-negara lain, yng sudah lebih dulu menyaingi
Indonesia.
B.
Perkembangan E-Commerce Di Bidang
Agribisnis
E-Agribusiness adalah
e-Commerce atau e-business di bidang bisnis pertanian. Lantas apakah itu ‘ebusiness?’
Ditinjau dari kata ’e’ (elektronika) dan ’business’ (bisnis), maka pengertian e-business
dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis melalui jasa elektronika. Karena
kegiatan bisnis itu pada dasarnya adalah trasaksi barang dan jasa, maka ebusiness
adalah transaksi barang dan jasa dengan menggunakan jasa elektronika. Bila
komoditasnya pertanian, maka sering digunakan istilah e- Agribusiness. Karena
perkembangan teknologi yang begitu besat, maka penggunaan jasa elektronika
dalam bisnis juga berkembang secara pesat. Antara lain, dari teknologi audio
dan video ke teknologi komputer; kemudian kini berkembang menuju teknologi web
atau internet. Lazimnya teknologi ini dikelompokkan menjadi tiga besar, yaitu
teknologi audio-video, komputer dan komputer yang terakses internet. Ketiga hal
tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut (Soekartawi, 2006):
E-Agribisnis
sebenarnya merupakan pemanfaatan e-Commerce atau e-bisnis dalam bidang
pertanian, e-bisnis dikatakan sebuah e-agribisnis apabila sebagian besar dari
prosesnya bergerak dalam bidang pertanian (>50%). e-Agribusiness menjadi
penting dan banyak dipakai para businessmen bukan saja untuk produk-produk
pertanian tetapi juga produk lain yang berkaitan dengan pertanian, misalnya
bidang jasa pertanian.
referensi
- https://fardiansyah7fold.wordpress.com/e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia/
- http://imersmuda.com/perkembangan-e-commerce-di-indonesia/
- Anonim.2017.data statistic mngenai pertumbuhan pangsa pasar E-commerce di Indonesia.https://buattokoonline.id/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/.
- Soekarwati.2007.E-Agribisnis teori dan apikasinya.Universitas Brawijaya Malang dan Departemen pendidikan Nasional Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar