Kamis, 09 Maret 2017

PERKEMBANGAN E-COMMERCE DALAM BIDANG AGRIBISNIS

A.     Perkembangan E-commerce di Indonesia
Di Indonesia, sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online. Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan pengenalan produk. Menurut Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology Competency Group Head Andersen Consulting, secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi. Saat ini, kebanyakan homepage yang dimiliki perusahaan Indonesia hanya mencapai tahap presence, belum pada tahap transaksi. Pada akhirnya, perkembangan teknologi dan peningkatan pengguna internet di Indonesia akan membuat e-commerce menjadi suatu bisnis yang menjanjikan

Dari gamabar di atas adalah estimasi penjualan e-commerce B2C (bisnis perusahaan dan perusahaan lain) di negara Asia. Terlihat bahwa penggnaan e-commerce di indonesia dalam penjualan msih rendah dari Negara-negara lain, tetapi meskipun begitu perkembangan indonesia cukup pesat. Hal ini memungkinan untuk Indonesia tanah tercinta mampu menyaingi Negara-negara lain, yng sudah lebih dulu menyaingi Indonesia.



B.     Perkembangan E-Commerce Di Bidang Agribisnis
E-Agribusiness adalah e-Commerce atau e-business di bidang bisnis pertanian. Lantas apakah itu ‘ebusiness?’ Ditinjau dari kata ’e’ (elektronika) dan ’business’ (bisnis), maka pengertian e-business dapat diartikan sebagai kegiatan bisnis melalui jasa elektronika. Karena kegiatan bisnis itu pada dasarnya adalah trasaksi barang dan jasa, maka ebusiness adalah transaksi barang dan jasa dengan menggunakan jasa elektronika. Bila komoditasnya pertanian, maka sering digunakan istilah e- Agribusiness. Karena perkembangan teknologi yang begitu besat, maka penggunaan jasa elektronika dalam bisnis juga berkembang secara pesat. Antara lain, dari teknologi audio dan video ke teknologi komputer; kemudian kini berkembang menuju teknologi web atau internet. Lazimnya teknologi ini dikelompokkan menjadi tiga besar, yaitu teknologi audio-video, komputer dan komputer yang terakses internet. Ketiga hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut (Soekartawi, 2006):
E-Agribisnis sebenarnya merupakan pemanfaatan e-Commerce atau e-bisnis dalam bidang pertanian, e-bisnis dikatakan sebuah e-agribisnis apabila sebagian besar dari prosesnya bergerak dalam bidang pertanian (>50%). e-Agribusiness menjadi penting dan banyak dipakai para businessmen bukan saja untuk produk-produk pertanian tetapi juga produk lain yang berkaitan dengan pertanian, misalnya bidang jasa pertanian.

referensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar